Dewasa ini perkembangan
industri makanan dan minuman di Indonesia mengalami peningkatan. Hal ini sangat
wajar karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar yang diperlukan
manusia sehari – hari. Jenis dalam industri minuman juga beraneka ragam
diantaranya minuman kesehatan, minuman ringan, dan lain – lain. Salah satu
jenis minuman kesehatan adalah minuman isotonik ( isotonic drink ). Oleh sebab
itu Pocari sweat merupakan salah satu minuman isotonik yang mampu menempatkan diri
pada level brand awareness ( Top of Mind ).
Minuman
isotonik sendiri berkembang dengan semakin meningkatnya kesejahteraan dan
tingkat kesadaran masyarakat terhadap kesehatan tubuh. Pocari Sweat merupakan
salah satu produk minuman isotonik buatan jepang yang ada di indonesia. Di indonesia
pocari sweat yang diproduksi oleh PT. Amerta Indah Otsuka ( AIO ) yang sampai
saat ini masih menjadi market leader di industri minuman isotonik Indonesia.
Kelebihan :
- Kapasitas produksi besar.
- Persepsi masyarakat bahwa pocari sweat memiliki kemampuan medis membantu proses penyembuhan.
- Menjadi leader ( Top of Mind ) untuk minuman isotonik di Indonesia.
- Memiliki segmentasi yang jelas yaitu kalangan usia 18-35.
- Menggunakan talent yang masih berusia muda dan berprestasi di bidang olahraga dalam media iklan.
- Sebagai minuman pengganti cairan tubuh.
Kelemahan :
- Harga yang ditawarkan untuk produk minuman isotonik tergolong mahal.
- Kurangnya pemahaman produk yang umumnya menaruh pocari sweat sejajar dengan minuman energi bahkan minuman ringan.
- Konsumen semakin selektif dengan berbagai macam produk isotonik yang ada.
- Isu kesehatan, keamanan jangka panjang bila mengkonsumsi minuman isotonik terkait isu bahan pengawet.
- Banyak minuman isotonik yang menawarkan berbagai rasa.
DALAM SUDUT PANDANG BRANDING
Brand adalah identitas
atau nama terhadap sebuah produk untuk membedakan dengan produk lain. Perbedaan
dalam sebuah produk dapat dilihat dari nama yang berbeda, bentuk produk yang
berbeda. Branding sendiri adalah proses memperkenalkan brand samai bagaimana
lingkungan memberikan penilaian pada brand tersebut.
- Unware of Brand
Pada
awal munculnya mungkin beberapa masyarakat belum mengetahui bahwa pocari sweat
merupakan salah satu minuman cairan pengganti ion tubuh. Masyarakat pertama
kali menganggap atau mensejajarkan pocari sweat ini dengan minuman ringan pada
umumnya.
- Brand Recognition
Masyarakat
yang sedang di supermarket atau pasar swalayan yang hendak memilih produk
minuman isotonic. Dan biasanya masyarakat akan memilih minuman isotonic yang
familiar dan sangat dikenal yaitu pocari sweat. Produk yang bermerek akan memiliki
daya tarik tersendiri dibandingkan dengan produk lainnya yang sejenis. Setelah melakukan
pemasaran pocari sweat langsung familiar dan sangat melekat di benak masyarakat.
Konsumen pocari sweat di Indonesia sendiri semakin meningkat. Maka dalam hal
brand recognition, pocari sweat telah menembusnya.
- Top of Mind
Tahapan
inilah posisi pocari sweat sekarang. Posisi tertinggi pada tahapan brand
awareness yang menunjukkan bahwa jenis minuman isotonik yang pertama kali
disebutkan masyarakat adalah pocari sweat dibandingkan dengan jenis minuman
isotonik lainnya.
Dalam
perjalanannya menjadi produk Top of Mind jenis minuman isotonic tidaklah mudah
didapatkan begitu saja oleh pocari sweat. Pocari sweat menggunakan beberapa
cara diantaranya melakukan pendekatan dan tampilan iklan kepada konsumen
menggunakan talent muda dan berprestasi. Selain itu juga penggunaan slogan “
pengganti ion tubuh “ mampu ditanamkan pada benak konsumen. Dalam proses lainnya pocari sweat juga terlibat dalam
beberapa event sponshorship suatu kegiatan perlombaan di bidang olahraga,
ataupun event lainnya. Penggunaan isyarat / panduan / petunjuk yang dapat
membantu mengarahkan konsumen juga dilakukan menggunakan artis JKT48 yang
sedang melakukan aktifitas di pantai hingga lelah dan segar kembali setelah
mengkonsumsi pocari sweat. Iklan yang dilakukan di televisi secara berulang –
ulang juga secara langsung mempengaruhi benak konsumen.
Review by : Jesse.O.A, Ronald